Latihan Soal Tes CPNS Penghulu Tahun 2024

Latihan Soal Tes CPNS PPPK Jabatan Fungsional Penghulu Tahun 2024. Tahun 2024


Latihan Soal Tes CPNS PPPK Jabatan Fungsional Penghulu Tahun 2024. Tahun 2024 pemeritah akan membuka pendaftaran CPNS dan PPPK jabatan Penghulu Ahli Pertama, artinya terbuka kesempatan bagi sarjana atau S-1 (Strata Satu) atau D-4 (Diploma-Empat) di bidang agama Islam untuk mengikuti seleksi CPNS dan PPPK. Sebagaimana diketahui Jabatan Fungsional Penghulu adalah jabatan sebagai pegawai pencatat nikah atau perkawinan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, dan bimbingan masyarakat Islam. Penghulu adalah ASN yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak untuk melakukan kegiatan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, dan bimbingan masyarakat Islam.

 

Kompetensi utama seorang penghulu adalah dapat memberikan pelayanan danbimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, dan bimbingan masyarakat Islam. Pelayanan dan Bimbingan Nikah atau Rujuk adalah kegiatan yang diselenggarakan untuk mendukung terlaksananya proses nikah atau rujuk dengan baik.

 

Penghulu berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang kepenghuluan pada Kementerian Agama yang biasa bertugas pada Kantor Urusan Agama (KUA). Pada umumnya Kepala KUA adalah Penghulu dengan tugas tambahan sebagai Kepala KUA. Itulah sebabnya KUA identik dengan tempat pelayanan nikah atau rujuk bagi orang yang beragama islam, walaupun saat ini ada wacana KUA untuk dijadikan tempat pelayanan nikah atau rujuk bagi semua agama.

 

Sebagai bahan Latihan Soal Tes CPNS PPPK Jabatan Fungsional Penghulu tahun 2024, berikut ini referensi informasi yang akan admin sampaikan. Tes CPNS Penghulu dan jabatan lainnya meliputi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing tes memiliki ciri khas soal yang berbeda. Berikut rinciannya.

 

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). TWK adalah tes yang berkaitan dengan pengetahuan umum soal kebangsaan. Tujuan dari tes ini adalah untuk menilai peserta dari pemahaman tentang kebangsaan Indonesia. Berikut poin-poin yang diujikan dalam TWK: a) Nasionalisme. Mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional; b) Bela negara. Mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara; c) Integritas. Mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional; d) Pilar negara. Mampu membentuk karakter positif dari pemahaman dan pengamalan nilai-nilai pada Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika; e) Bahasa Indonesia. Mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

2. Tes Intelegensi Umum (TIU). Tes Intelegensi Umum adalah tes yang berfokus pada penilaian tiga aspek utama, yaitu: Kemampuan numerik (logika berhitung), Kemampuan verbal (logika bahasa), Kemampuan figural (penalaran dengan gambar). Dari tes ini, setiap peserta diharapkan memiliki pemahaman yang baik terhadap soal-soal dan memberikan jawaban yang tepat. Contoh materi dalam kemampuan numerik mencakup perhitungan matematika, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita. Materi dalam kemampuan verbal melibatkan analisis analogi, silogisme, dan pemahaman bahasa. Sementara itu, soal-soal dalam kemampuan figural berkaitan dengan pemahaman analogi gambar, perbedaan gambar, dan gambar-gambar berurutan. TIU biasanya terdiri dari sekitar 35 soal. Sistem penilaiannya adalah memberikan skor lima poin jika jawaban benar. Namun, peserta akan mendapatkan nilai nol jika jawaban salah atau jika mereka tidak menjawab soal tersebut.

 

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Selanjutnya dari TWK, TIU, dan TKP adalah Tes Karakteristik Pribadi. Materi TKP bertujuan untuk menilai perilaku dan kepribadian peserta. Berikut poin yang akan diujikan; a) Pelayanan Publik. Mampu memberikan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain; b) Sosial Budaya. Mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk, terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya; c) Teknologi Informasi dan Komunikasi. Mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja; d) Jejaring Kerja. Mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif; e) Profesionalisme. Mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan; f) Anti Radikalisme. Menjaring informasi dari individu tentang pengetahuan terhadap anti radikalisme, kecenderungan bersikap, dan bertindak saat menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.

 

Bagi Anda yang membutuhkan contoh Soal SKD Tes CPNS dan PPPK Jabatan Fungsional Penghulu Tahun 2024. Silahkan Download Latihan SKD CPNS Formasi Penghulu tahun 2024.

 

Setelah Anda lulus tes SKD selanjutnya Anda akan mengerjakan Soal Kompetensi Bidang. Berkut ini contoh materi tes CPNS kompetensi bidang untuk calon Penghulu

 



Link download contoh Soal SKB Tes CPNS Jabatan Fungsional Penghulu Tahun 2024

 

Baca referensi tentang Jabatan Fungsional Penghulu Tahun 2024 (disini)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes CPNS dan PPPK Jabatan Fungsional Penghulu Tahun 2024. Semoga membantu.

 



= Baca Juga =


No comments

Theme images by mattjeacock. Powered by Blogger.