Jenjang Jabatan Pangkat dan Golongan Negosiator Perdagangan

Jenjang Jabatan Pangkat dan Golongan Ruang dan Tupoksi Negosiator Perdagangan


Jenjang Jabatan Pangkat dan Golongan Ruang Negosiator Perdagangan. Jabatan Fungsional Negosiator Perdagangan adalah jabatan yang mempunyai tugas dan ruang lingkup kegiatan untuk melakukan perundingan dan kerja sama perdagangan internasional. Negosiator Perdagangan adalah PNS yang diberikan tugas dan ruang lingkup kegiatan untuk melakukan perundingan dan kerja sama perdagangan internasional.


Negosiator Perdagangan berkedudukan sebagai pelaksana teknis di bidang perdagangan pada Instansi Pusat dan Perwakilan. Dalam hal Unit Organisasi dipimpin oleh pejabat fungsional maka Negosiator Perdagangan dapat berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada pejabat fungsional lain yang memimpin Unit Organisasi.

 

Bagaimana Jenjang Jabatan Pangkat dan Golongan Ruang serta Tupoksi Negosiator Perdagangan ? Negosiator Perdagangan berkedudukan sebagai pelaksana teknis di bidang perdagangan pada Instansi Pusat dan Perwakilan Jabatan Fungsional Negosiator Perdagangan merupakan jabatan karier PNS. Jabatan Fungsional Negosiator Perdagangan termasuk dalam klasifikasi/rumpun asisten profesional yang berhubungan dengan keuangan dan penjualan.

 

Jabatan Fungsional Fungsional Negosiator Perdagangan merupakan Jabatan Fungsional kategori keahlian. Jenjang Jabatan Fungsional Negosiator Perdagangan kategori keahlian terdiri atas:

a. Jabatan Fungsional Negosiator Perdagangan Ahli Pertama;

b. Jabatan Fungsional Negosiator Perdagangan Ahli Muda;

c. Jabatan Fungsional Negosiator Perdagangan Ahli Madya; dan

d. Jabatan Fungsional Negosiator Perdagangan Ahli Utama.

 

Sedangkan Pangkat dan golongan ruang Jabatan Fungsional Negosiator Perdagangan (Keluarga Berencana) kategori keahlian adalah sebagai berikut

a. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Pertama meliputi:

1. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Pertama pangkat penata muda, golongan ruang III/a; dan

2. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Pertama pangkat penata muda tingkat I, golongan ruang III/b.

b. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Muda meliputi:

1. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Muda pangkat penata, golongan ruang III/c; dan

2. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Muda pangkat penata tingkat I, golongan ruang III/d.

c. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Madya meliputi:

1. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Madypangkat pembina, golongan ruang IV/a;

2. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Madypangkat pembina tingkat I, golongan ruang IV/b; dan

3. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Madypangkat pembina utama muda, golongan ruang IV/c.

d. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Utama meliputi:

1. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Utama pangkat pembina utama madya, golongan ruang IV/d; dan

2. Jabatan Negosiator Perdagangan Ahli Utama pangkat pembina utama, golongan ruang IV/e

 

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Jabatan Fungsional Negosiator Perdagangan yaitu melakukan kegiatan perundingan dan Kerja Sama Perdagangan Internasional. Ruang lingkup tugas Jabatan Fungsional Negosiator Perdagangan adalah melaksanakan inventarisasi dan identifikasi data dan informasi terkait negara mitra serta isu kerjasama, verifikasi dan analisis data dan informasi bahan posisi runding, dan penyajian data dalam rangka penyiapan bahan Kerja Sama Perdagangan Internasional.

 

Tugas Negosiator Perdagangan berdasarkan jenjang jabatan adalah 1) Jabatan fungsional negosiator perdagangan Ahli Pertama adalah melaksanakan inventarisasi dan identifikasi data dan informasi terkait negara mitra serta isu kerjasama, verifikasi dan analisis data dan informasi bahan posisi runding, dan penyajian data dalam rangka penyiapan bahan Kerja Sama Perdagangan Internasional; 2) Jabatan fungsional negosiator perdagangan Ahli Muda adalah Melaksanakan analisis bahan Kerja Sama Perdagangan Internasional, pelaksanaan perundingan, penanganan hambatan perdagangan, serta penyusunan bahan untuk ratifikasi dan aktivasi terkait hasil perundingan bidang perdagangan internasional; 3) Jabatan fungsional negosiator perdagangan Ahli Madya adalah Melaksanakan evaluasi, penilaian, dan rekomendasi posisi runding, Kerja Sama Perdagangan Internasional, penanganan hambatan perdagangan serta penyusunan materi pengembangan Kerja Sama Perdagangan Internasional; 4) Jabatan fungsional negosiator perdagangan Ahli Utama adalah melaksanakan pengembangan Kerja Sama Perdagangan Internasional serta reviu dan penyusunan rekomendasi kebijakan hasil perundingan bidang perdagangan internasional.

 

Demikian informasi tentang Jenjang Jabatan Pangkat dan Golongan Ruang dan Tupoksi Negosiator Perdagangan. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


No comments

Theme images by mattjeacock. Powered by Blogger.