Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1445 H 2024 M

Marhaban Ya Ramadhan 2024 / 1445 H. Sebelum membahas jadwal imsak atau imsakiyah puasa Ramadhan 2024, berikut ini disajikan sekelumit pengertian imsak dan imsakiyah.
Pengertian imsak atau Istilah Imsak atau IMSAKIYAH diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Jadi, dari pengertian menahan, berarti waktu imsak adalah waktu dimulainya untuk menahan segala hal yang membatalkan puasa. Tetapi, di saat imsak masih diperbolehkan untuk makan dan minum, selama belum memasuki waktu subuh. Sayangnya, secara istilah yang umum dipahami mengenai pengertian imsak adalah saat seseorang harus memulai untuk berhenti makan sahur agar tidak terlewat hingga masuk subuh. Pengertian tersebut kuranglah tepat.

Imsak (Imsakiyah) sebenarnya mempunyai arti menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dari waktu Subuh hingga waktu Maghrib. Dengan kata lain sebelum waktu adzan Subuh dikumandangkan, umat muslim masih diperbolehkan untuk makan dan minum. Tapi tidak boleh lewat dari waktu Subuh.


Jadi, ketika Anda bangun untuk makan sahur tapi waktu sudah sangat dekat dengan waktu adzan subuh, dan radio, masjid, serta televisi sudah menyatakan imsak, tidak usah khawatir. Karena sebenarnya Anda masih punya waktu 10 menit lagi untuk makan sahur. Manfaatkanlah waktu itu dengan makan dan minum.

Pergunakanlah 10 menit itu untuk makan sahur agar puasa di siang hari Anda tidak akan terasa berat. Sabda Rasulullah SAW, “Senantiasalah umatku berada dalam kebaikan (Puasa) selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur.” (HR. Imam Ahmad dari Abu Zarr ra)

Diriwayatkan oleh Ahmad dalam musnadnya, bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Ummatku senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur,” (H.R. Imam Ahmad dari Abu Zarr r.a.).



Ketentuan waktu imsak sebagai ihtiyath (kehati-hatian) ini didasarkan hadis Rasul yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas: Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a. berkata, “Kami telah makan sahur bersama-sama Junjungan Nabi Saw., kemudian baginda bangun mengerjakan salat. Sayyidina Anas bertanya kepada Sayyidina Zaid, ‘Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan waktu makan sahur itu?’ Dia menjawab, ‘Sepadan dengan waktu yang dibutuhkan untuk  membaca 50 ayat.’”
Hadis ini menunjukkan bahwa jarak atau interval waktu antara bersahurnya Rasul saw. dan azan Subuh adalah kira-kira 50 ayat. Itu artinya Rasul saw. tidak lagi makan sahur sampai berkumandangnya azan subuh. Pada redaksional hadis disebutkan secara jelas bahwa Rasul saw. bersahur dan berhenti kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk membaca 50 ayat Alquran sebelum masuk waktu subuh. Inilah yang dipahami oleh para ulama kita, sehingga menetapkan sunnah berimsak sekitar waktu yang dibutuhkan untuk pembaca 50 ayat Alquran tersebut yang diperkirakan setara dengan 10–15 menit.

Sebelum sebagai pengetahuan berikut ini kriteria dalam cara menentukan Jadwal Sholat serta Jadwal Imsak / Imsakiyah  menurut Kementerian Agama Republik Indonesia, adalah:
1) Imsak 10 menit sebelum waktu Subuh.
2). Subuh  saat Matahari berada pada sudut -20° di bawah horizon Timur ditambah ihtiyati 2 menit.
3) Syuruq / Terbit  saat Matahari terbit dikurangi ihtiyati 2 menit.  
4) Dhuha saat Matahari berada pada sudut 4,5° di atas horizon setelah terbit ditambah ihtiyati 2 menit.
5) Zuhur  saat Matahari melintas Meridian (zawal/istiwa/noon) ditambah ihtiyati 2 menit.
6) Ashar  saat panjang bayangan Matahari = panjang benda + panjang bayangan benda waktu Zuhur ditambah ihtiyati 2 menit.
7) Maghrib  saat Matahari terbenam ditambah ihtiyati 2 menit.
8) Isya'  saat Matahari berada pada sudut -18° di bawah horizon Barat ditambah ihtiyati 2 menit

Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2024 atau 1445 H untuk Seluruh Kota di Indonesia (Silahkan Anda sesuaikan Lokasi sesuai tempat tinggal Anda dengan mengklik tanda Segi Tiga).


Adapun cara melihat Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2024 M / 1445 H adalah dengan memilih Kota tempat tinggal Anda pada kotak yang tersedia..

Demikian informasi jadwal Imsak atau Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2024 1445 H bebera kota di Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat. Amiin.

Jadual / Jadwal imsakiyah Puasa Ramadhan 2024, Jadual / Jadwal imsakiyah Puasa Ramadhan 1445,  Jadwal imsakiyah Puasa Ramadhan 2024. Jadwal imsakiyah Puasa Ramadhan 1445, Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2024, 2020, 2021, 2022.




= Baca Juga =



26 comments:

  1. Ok, thanks. Infonya sangat bermanfaat. Marhaban, Ya Ramadhan 2016 1437 H

    ReplyDelete
  2. Marhaban ya Ramdahan, Terima kasih telah bergai jadwal imsakiyah puasa Ramadhan 2016 1437 H. Mudah-mudahan admin selalu diberikan kesehatan

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Anda telah berbagi Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadahan 2016 / 1437 H. Marhaban ya Ramadahan 2016

    ReplyDelete
  4. Izin sharre Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadahan 2016 / 1437 H. Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Makasih adminm mudah-mudahan dibalas oleh allah swat dengan balan yg setimpal

    ReplyDelete
  6. Thanks telah berbagi cara membuat jadwal imakiyah Ramdahan. Ini betul-betul artikel yang menarik dan patut dijadikan referensi.

    ReplyDelete
  7. Thanks telah berbagi cara membuat jadwal imakiyah Ramdahan. Ini betul-betul artikel yang menarik dan patut dijadikan referensi.

    ReplyDelete
  8. Jadwal imakiyah Ramdahan ini betul2 keren abis

    ReplyDelete
  9. Ass, perkenankan saya Risnam makasih atas Jadwal imakiyah Ramdahan. Jangan lupa berkunjung juga ke blog saya di http://infobanten22.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  10. Jadwal imakiyah Ramdahan ini betul-betuk2 keren abis

    ReplyDelete
  11. Mantap gan, thanks telah sharre jadwal imsakiyah ramadhan 2016. semoga selalu sukses

    ReplyDelete
  12. Sebentar lagi kita akan melaksanakan Ibadah puasa ramadahan 1437. Mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
  13. Makasih Telah Berbagi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2016. Mohon Izin Copas

    ReplyDelete
  14. Terima kasih telah berbagi jadwal Imsakiyah Ramadahan 2016, semoga menjadi ladang amal yang bermafaat, Selamat menghadapi Ramadhan 2016. Mhn maaf lahir batin

    ReplyDelete
  15. Thanks. Izin copas ya. Moga jadi ladang kebaikan bagi kita semua

    ReplyDelete
  16. Maksih. kebetulan aku lagi nyari jadwal imsakiyah. ternyata disini aku menemukan cara membuat jadwal imsakiyah ramadhan. bravo...........

    ReplyDelete

Theme images by mattjeacock. Powered by Blogger.


































Free site counter


































Free site counter