Latihan Soal AKM ANBK SMP MTs Tahun 2023

Latihan Soal AKM ANBK Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2023-2024



Latihan Soal AKM ANBK Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2023/2024. ANBK merupakan hal yang baru di dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Adanya penjelasan secara rinci mengenai ANBK di atas menuntut guru agar mampu dalam membantu siswa untuk menghadapi pelaksanaan ANBK. Dengan adanya kesiapan yang baik dalam menghadapi suatu kegiatan, maka kegiatan itu akan terlaksana dengan baik juga. Pernyataan tersebut didukung penelitian sebelumnya tentang manfaat kesiapan yang baik, yaitu dalam (Sekar, Purnomo, & Wiradimadja, 2021) menyatakan bahwa siswa yang telah mempersiapkan diri secara psikis maupun lingkungan cenderung menunjukkan hasil lebih baik dalam memahami materi selama mengikuti pembelajaran. (Reski, 2019) juga menyatakan bahwa siswa akan memperoleh hasil belajar yang baik jika memiliki kesiapan yang baik juga, di mana kesiapan itu menunjukkan keseluruhan kondisi seseorang yang membuatnya siap untuk memberikan respons atau jawaban di dalam proses pembelajaran

 

Asesmen  nasional  merupakan kebijakan  pemerintah  berdasarkan permendikbudristek  nomor  17  tahun 2021,  yang  bertujuan  untuk  menilai proses,  perkembangan,  serta  hasil belajar  siswa.  Permendikbudristek tersebut  merupakan  turunan  dari peraturan  pemerintah  no  57 tahun 2021  tentang  standar  nasional pendidikan  (SNP)  yang mendelegasikan  pengaturan    AN  di pasal 46 ayat 8. 

 

Pelaksanaan  asesmen  tidak hanya mengukur penguasaan materi pengetahuan  sesuai  dengan kurikulum,  namun  dirancang  khusus untuk  mengetahui  kualitas pendidikan  secara menyeluruh  dan melakukan  perbaikan  atas  mutu pendidikan  yang  dirasa  masih kurang.  Asesmen  dibedakan menjadi  dua  kelompok  yaitu asesmen  tradisional  dan  asesmen alternatif.  Asesmen  tradisional meliputi  tes  benar-salah,  tes  pilihan ganda,  tes  melengkapi,  dan  tes jawaban  terbatas.  Sedangkan asesmen  alternatif  meliputi  soal uraian,  penilaian  praktek,  penilaian proyek,  kuesioner,  inventori,  daftar cek,  penilaian  teman  sejawat, penilaian  diri,  portofolio,  observasi, diskusi  dan  wawancara  (Wulan 2001).

 

Pelaksanaan  asesmen bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keberhasilan  penguasaan kompetensi  siswa,  (2) mendeskripsikan  keberhasilan proses  pembelajaran,  (3) menentukan  tindak  lanjut  hasil penilaian,  (4)  sebagai  bentuk pertanggungjawaban  pihak  sekolah kepada orang  tua  dan  masyarakat, serta  (5)  sebagai  bahan  perbaikan proses kegiatan belajar mengajar. Asesmen  nasional  terdiri  dari tiga  komponen  yaitu  Kompetensi Minimum  (AKM - ANBK),  Survei  karakter, serta  Survei  lingkungan  belajar dengan  baik.  Fokus  utama  AKM - ANBK adalah  pada  terpenuhinya kemampuan  literasi  membaca  dan literasi  numerasi  pada  siswa (Cahyana 2020). 

 

Survei  karakter  bertujuan untuk  mengetahui  apakah  siswa benar-benar  mengetahui, memahami  dan  mengaplikasikan asas  pancasila  dalam  interaksi disekolah.  Selama  ini  mungkin pemerintah  membiayai  assesmen yang  cukup  mahal,  hanya  untuk mengetahui  pencapaian pengembangan kognitif siswa, tanpa melihat  pencapaian  pengembangan pendidikan  karakter  pada  siswa.

 

Padahal  diperlukan  pengembangan kognitif dan pengembangan karakter untuk  mencapai  pendidikan  yang utuh.  Oleh  sebab  itu,  diusunglah survei  karakter  untuk  mengetahui dan  menilai  karakter  siswa  di sekolah.

 

Survei  Lingkungan  Belajar bertujuan  memotret  berbagai  aspek yang  terkait  dengan  lingkungan belajar  di  kelas maupun  di  tingkat satuan  pendidikan,  sehingga  hasil asesmen  nasional  secara komprehensif  memberikan  profil satuan pendidikan dari  input-proses-output. Asesmen  nasional  telah dikonsepkan  dengan  matang  yang diiringi  dengan  tujuan  untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar.  Namun  dengan  kurangnya sosialisasi  dan  kebijakan pelaksanaan  asesmen  yang  masih baru  sehingga  asesmen  nasional masih terasa awam dikalangan guru, siswa  maupun stakeholder lainnya.  Sehingga  berdasarkan  kondisi tersebut  penelitian  ini  bertujuan untuk  memberikan  pengetahuan tentang  konsep  asesmen  nasional (AN).

 

Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu system pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

 

Asesmen Kompetensi Minimum yang selanjutnya disingkat AKM adalah pengukuran kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi). Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disingkat ANBK adalah asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semi daring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal. Pelaksana Asesmen Nasional adalah lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab melaksanakan kebijakan teknis Asesmen Nasional pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan sekolah Indonesia di luar negeri.

 

Tujuan ANBK Untuk meningkatkan mutu pendidikan Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat dan memperbaiki kualitas belajar mengajar.


Berikut ini link download Latihan Soal ANBK Literasi Numerasi Siswa SMP MTS Tahun 2023-2024, silahkan di download melalui link yang tersedia.

 

Latihan Soal AKM ANBK Literasi Siswa SMP MTS Tahun 2023-2024 (DISINI)

 

Latihan Soal AKM ANBK Numerasi Siswa SMP MTS Tahun 2023-2024 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal AKM ANBK Literasi dan Numerasi SMP MTs Tahun 2023/2024. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


No comments

Theme images by mattjeacock. Powered by Blogger.


































Free site counter


































Free site counter