LATIHAN SOAL ANBK SMA LITERASI NUMERASI TAHUN 2023-2024

Latihan Soal ANBK SMA MA SMK Literasi Numerasi Tahun 2023-2024

Latihan Soal ANBK SMA MA SMK Literasi Numerasi Tahun 2023-2024. Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam meningkatkan mutu pendidikan yang mengacu pada input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Mutu satuan pendidikan dinilai dari hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Dilansir dari situs resmi Kemendikbud.go.id, mutu satuan pendidikan ini dinilai berdasarkan hasil belajar siswa dari beberapa aspek yaitu literasi, numerasi, dan karakter.

 

Seperti namanya, ANBK adalah program penilaian mutu sekolah yang dilakukan secara online atau semi online. ANBK online berarti digelar melalui akses internet yang stabil menggunakan komputer proctor untuk membuka token. Sedangkan ANBK semi online maka komputer yang digunakan tidak membutuhkan internet langsung, namun akan terhubung dengan komputer proctor yang memiliki akses internet.

 

Asesmen Nasional sangat berbeda dengan Ujian Nasional. Hal ini terlihat langsung dalam praktek yang dilakukan. Ujian Nasional hanya fokus pada penilaian aspek kognitif siswa. Sementara, Asesmen Nasional sifat penilaiannya menyeluruh, baik kognitif maupun non-kognitif. Bahkan hingga ke kualitas lingkungan belajar yang dimiliki setiap sekolah.

 

Apa Tujuan ANBK ? Asesmen Nasional bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan informasi akurat di setiap sekolah untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Selain itu, hasil dari Asesmen Nasional nantinya berupa informasi yang dapat dipakai untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu. Termasuk juga mengidentifikasi kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan. Misalnya, adanya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu.

 

Tak hanya itu, menurut penjelasan anbk.kemendikbud.go.id bahwa tujuan Asesmen Nasional adalah mengembalikan tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Dengan adanya Asesmen Nasional ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran, khususnya terkait literasi dan numerasi.

 

Sebelum kamu membaca Latihan Soal ANBK SMA MA SMK Literasi Numerasi Tahun 2023-2024 pdf perlu diketahui apa itu literasi dan numerasi. Literasi adalah istilah yang familiar bagi banyak orang. Literasi merupakan sebuah konsep yang memiliki makna kompleks, dinamis, terus ditafsirkan dan didefinisikan dengan beragam cara dan sudut pandang. Menurut kamus online Merriam-Webster, Literasi berasal dari istilah latin 'literature'dan bahasa inggris 'letter'. Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya "kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual (adegan, video, gambar)."

 

Numerasi digagas oleh World Economic Forum atau OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development). Pada tahun 2006, UNESCO menyampaikan bahwa numerasi dapat menjadi salah satu penentu kemajuan suatu bangsa. Matematika dan numerasi memiliki perbedaan yang terletak pada pemberdayaan pengetahuan dan keterampilan. Pembelajaran matematika belum tentu menumbuhkan numerasi, tetapi dalam melaksanakan numerasi diperlukan pengetahuan matematika yang diperoleh melalui pembelajaran dalam kurikulum.

 

Menurut Han (2017:3) literasi numerasi memiliki pengetahuan dan kecakapan diantaranya: (a) menggunakan angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dalam memecahkan masalah sehari-hari, (b) menelaah informasi yang ditampilkan untuk mengambil keputusan. Sementara pendapat lain tentang numerasi menurut Traffer’s (dalam Sari, 2015:715) merupakan kemampuan mengelola bilangan dan data serta mengevaluasi pernyataan yang melibatkan mental dan perkiraansesuai masalah dan kenyataan.

 

Dari kedua pengertian di atas numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan memahami dan menerapkan konsep matematika baik berupa simbol maupun bilangan untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Sederhananya, numerasi adalah merupakan keterampilan memahami dan menerapkan konsep matematika berupa simbol dan angka-angka dalam kehidupan sehari-hari.

 

Komponen literasi numerasi tidak hanya dapat ditemui pada mata pelajaran matematika saja, tetapi juga dapat ditemui dalam mata pelajaran lain. Mullis dan Martin (dalam Murtiyasa, 2015:32-33) mengatakan bahwa TIMMS mengembangkan domain isi dan kognitif dalam penilaian matematika yaitu grade 4 meliputi (bilangan, bentuk geometri, pengukuran, dan penyajian data) dan grade 8 meliputi (bilangan, aljabar, geometri, data dan peluang). Jadi, numerasi tidaklah sama dengan matematika. Akan tetapi di dalam numerasi terdapat cakupan matematika yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Dalam penerapannya, numerasi menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari dalam mengambil keputusan maupun memecahkan masalah

 

Apa manfaat Asesmen Nasional (ANBK) ? ANBK akan membantu untuk melihat: a) Perkembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu; b) Kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (contoh: kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antar daerah, atau pun kesenjangan antar kelompok berdasarkan atribut tertentu).

 

Asesmen Nasional atau ANBK juga dapat menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan khususnya dalam pengembangan kompetensi serta karakter murid. Selain itu, an juga dapat memberikan gambaran tentang karakteristik esensial di sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

 

Jadi sekali lagi perlu diperhatikan bahwa Asesmen Nasional (AN) tidak menggantikan peran Ujian Nasional (UN) dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar peserta didik secara individual, melainkan digunakan sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan, sebagai alat untuk mengevaluasi mutu sistem, juga menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di satuan pendidikan.

 

Berikut Link download Latihan Soal ANBK SMA MA SMK Literasi Numerasi Tahun 2023-2024 pdf, semoga dapat dimanfaat untuk persiapan pelaksanaan ANBK 2023/2024 ini.

 

Latihan Soal Soal ANBK AKM Numerasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2023/2024 Disini

Latihan Soal ANBK AKM Numerasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2023/2024 Disini

Latihan Soal ANBK AKM Numerasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2023/2024 (disini)

 

Latihan Soal Soal ANBK AKM Literasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2023/2024 Disini

Latihan Soal Soal ANBK AKM Literasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2023/2024 Disini

Latihan Soal ANBK AKM Literasi Siswa SMA MA SMK Tahun 2023/2024 Disini

 

Demikian informasi tentang Link download Latihan Soal ANBK SMA MA SMK Literasi Numerasi Tahun 2023-2024. Semoga ada manfaatnya

 



= Baca Juga =


No comments